Rabu, 27 Februari 2013

Sejarah Olahraga Bulu Tangkis


Bagaimana sejarah bulutangkis atau sejarah olahraga bulutangkis ini? Bagaimana asal usul olahraga bulutangkis? olahraga bulutangkis adalah olahraga yang dimainkan menggunakan raket dan kok, dan kemungkinan terbesar  olahraga bulutangkis berkembang  di Mesir kuno sekitar 2000 tahun yang lalu,selain itu ada juga yang menyebutkan di India dan Republik Rakyat Cina atau RRC.
Dahulu nenek moyangnya yang diperkirakan adalah sebuah permainan Tionghoa, Jianzi dengan menggunakan kok namun tanpa raket. Jika tanpa raket, maka sebagai pengganti raket tersebut diganti dengan kaki yang pada intinya adalah agar kok tersebut tidak menyentuh pada tanah tanpa menggunakan tangan.Pada Jaman pertengahan di daerah Inggris, sebuah permainan anak-anak yang disebut Battledoresdan Shutllecocks memang sangat menjadi favorit di kala itu. Permainan ini  menggunakan sebuah tongkat atau semacam dayung (yaitu Battledoress) dimana tujuan utama dari permainan ini mirip yaitu tidak boleh menyentuh tanah sebisa mungkin dalam waktu yang lama. Kala itu London tahun 1854 permainan ini menjadi sangat diminati dan banyak dilakukan di kala sengang hingga terlihat dimana-mana.
Dan pada akhirnya pemainan ini dibawa oleh  masyarakat Inggris ke Jepang, China /  RRC, kemudian SIAM yang sekarang adalah Thailand dan kemudian tak perlu waktu lama permainan ini menjadi permainan favorit untuk anak-anak setempat.
Sejarah bulutangkis adalah olahraga yang kompetitif pada abad ke-19 di Pune, India dan diciptakan oleh tentara Britania. Karena sangat kompetitif maka tentara2 itu menambahkan jaring (net) untuk memainkannya. Sehingga dengan ditambahkannya jaring, persaingan untuk memenangkan permainan bulutangkis menjadi semakin menarik. Maka Kota Pune yang sebelumnya adalah Poona menjadikan permainan bulutangkis dikenal dengan Poona.
Kemudian pada sekitar tahun 1850, permaianan yang menjadi cikal bakal sejarah bulutangkis ini dibawa kembali ke tanah Inggris oleh tentara-tentara itu. Dan disebut sebagai bulutangkis seperti sekarang yaitu pada tahun 1860 oleh Isaac Spartt yang tak lain adalah seorang penyalur mainan di Inggris. Dia menyebut permainan ini “Badminton Battledore – a new game”(“Battledore bulu tangkis – sebuah permainan baru”). dan ini menjadikan permainan bulutangkis ini dimainkan dalam sebuah gedung badminton atau Badminton House, estat Duke of Beaufort’s di Gloucestershire, Inggris.
Dilanjutkan dengan susunan pertauran bulutangkis ditulis untuk pertama kalinya oleh Klub Badminton Bath pada tahun 1877. Dan pada tahun 1893 terbentuknya Asosiasi Bulutangkis Inggris yang disusul dengan kerjuaraan Bulutangkis pertama Inggris pada tahun 1899 yaitu All England.
Pada akhirnya olahraga bulutangkis ini menjadi sebuah olahraga yang mendunia dan didominasi wilayah Asia Timur,Asia Tenggara disusul negara-negara Skandinavia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar